Resume Manajemen
Pemasaran
BAB
1
PENDAHULUAN,
KONSEP, DEFINISI DAN PROSES PEMASARAN
A.
Konsep
inti pemasaran
Pemasaran adalah sesuatu proses sosial
dan managerial dengan mana individu-individu dan kelompok - kelompak
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran
dan pertukaran produk-produk yang bernilai.
Definisi pemasaran ini berpijak pada
konsep konsep inti sebagai berikut :
- Kebutuhan keinginan permintaan
- Produk
- Nilai,biaya dan kepuasan
- Pertukaran, transaksi dan hubungan
- Pasar
- Pemasaran dan Pemasar
A. 1. Kebutuhan, keinginan dan permintaan
Titik
tolak disiplin pemasaran terletak pada kebutuhan dan keinginan manusia. Di
samping itu orang mempunyai keinginan kuat akan prefensi dari versi dan merk
barang dan jasa-jasa dasar tertentu.
Pengertian
kebutuhan manusia adalah suatu keadaan perasaan kekurangan akan kepuasan dasar
tertentu. Contoh : makanan,pakaian, perumahan dll.
Keinginan
adalah dorongan-dorongan akan pemuas tertentu dari kebutuhan yang lebih dalam.
Permintaan
adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan dan
keingian utuk membelinya.
A.2. Produk
Produk
adalah segala sesuatu yang bisa di tawarkan kepada seseorang untuk memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen.
A.3. Nilai, Biaya dan kepuasan
Nilai,
biaya dan kepuasan adalah konsep yang di pakai konsumen ketika akan memutuskanproduk mana yang akan memberikan
kepuasan yang lebih besar. Nilai adalah pekiraan konsumen akan kapasitas
keseluruhan produk untuk memenuhi kebutuhannya.
A.4. Pertukaran,
transaksi dan hubungan
Pertukaran
merupakan salah satu cara orang atau konsumen mendapatkan produk yang mereka
inginkan. Apabila kedua belah pihak yang melakukan pertukaran telah mencapai
suatu persetujuan maka itu di sebut transaksi. Pemasar pemasar yang lebih
cerdik mencoba membangun hubungan jangka panjang dan mempercayai pada pelanggan
, distributor , dealer dan pemasok. Hal ini di capai dengan menjanjikan
kualitas tinggi,pelayanan yang baik, harga yang layak kepada pihak lain dalam
jangka waktu yang tertentu.
A.5. Pasar
Konsep
pertukaran menimbulkan konsep pasar :
Pasar terdiri dari
semua pelanggan pontensial yang sama-sama mempunyai kebutuhan atau keinginan
yang mungkin ingin dan mampu terlibat dalam pertukaran untuk memuaskan
kebutuhan atau keinginan.
Pemasaran
dan pemasar
Pemasaran
adalah proses sosial dan managerial dimana masing masing individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan , penawara
dan pertukaran produk yang bernialai bagi pihak lainnya.
Pemasar
adalah seorang yang mencari sumber daya
dari orang lain dan mau untuk menawarkan sesuatu yag berharga dalam pertukaran.
B.
Manajemen
pemasaran
Manajemen pemasaran adalah proses
perencanaan dan pelaksanaan
konsepsi,penentuan harga,dan distribusi ide-ide, barang barang dan jasa jasa
untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan tujuan individu dan organisasi.
Manajemen pemasaran memiliki tugas
mempengaruhi tingkat,waktu dan komposisi permintaan sedemikian rupa sehingga
membantu organisasi mencapai tujuan nya.
C.
Orientasi
perusahaan terhadap pasar
Ada 5 konsep dimana organisasi
melakuan kegiatan pemasaran mereka.
1. Konsep
produksi
Menurut konsep
produksi,konsumen akan menyukai produk
yang tersedia secara luas dan rendah harganya. Manajer organisasi yang
berorietasi pada produksi akan mengkonsentrasikan pada pencapaian efisiensi
produksi yang tinggi dan pencapaian cakupan distrisbusi yang luas.
2. Konsep
produk
Konsep produk
mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang memberikan kualitas dan
prestasi yang baik.manajer yang berorientasi pada produk ini akan memfokuskan energi
pada pembuatan produk yang baik dan perbaikan nya secara terus menerus.
3. Konsep
penjualan
Konsep pejualan
mengatakan bahwa konsumen, apabila dibiarkan sendiri,biasa nya tidak akan
membeli banyak produk organisasi itu.oleh karena itu organisasi tersebut harus
melakukan usaha penjualan dan promosi yang gencar.
4. Konsep
pemasaran
Konsep pemasaran
mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah pada penentuan
kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran dan pada pemberian kepuasan yang
diinginkan dengan lebih efektif dan efisien dari para pesaing. Konsep pemasaran
berpijak pada empat pilar utama, yaitu: fokus pasar, orientasi pelanggan,
pemasaran terpadu dan profitabilitas.
5. Konsep
pemasaran sosial
konsep pemasaran sosial
mengatakan bahwa tugas utama perusahaan adalah menghasilkan kepuasan pelanggan
dan kesejahteraan konsuman dan masyarakat dalam jangka panjang sebagai kunci
untuk memuaskan tujuan dan tanggung jawab organisasi.
Sumber: Philip kotler “Manajemen
Pemasaran volume satu” edisi ketujuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar