Rabu, 12 Juni 2013

Resume Manajemen Pemasaran PENDAHULUAN, KONSEP, DEFINISI DAN PROSES PEMASARAN

Resume Manajemen Pemasaran

BAB 1

PENDAHULUAN, KONSEP, DEFINISI DAN PROSES PEMASARAN

A.    Konsep inti pemasaran
Pemasaran adalah sesuatu proses sosial dan managerial dengan mana individu-individu dan kelompok - kelompak mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk-produk yang bernilai.
Definisi pemasaran ini berpijak pada konsep konsep inti sebagai berikut :

  1. Kebutuhan keinginan permintaan
  2. Produk
  3. Nilai,biaya dan kepuasan
  4. Pertukaran, transaksi dan hubungan
  5. Pasar
  6. Pemasaran dan Pemasar

A. 1. Kebutuhan, keinginan dan permintaan
Titik tolak disiplin pemasaran terletak pada kebutuhan dan keinginan manusia. Di samping itu orang mempunyai keinginan kuat akan prefensi dari versi dan merk barang dan jasa-jasa dasar tertentu.
Pengertian kebutuhan manusia adalah suatu keadaan perasaan kekurangan akan kepuasan dasar tertentu. Contoh : makanan,pakaian, perumahan dll.
Keinginan adalah dorongan-dorongan akan pemuas tertentu dari kebutuhan yang lebih dalam.
Permintaan adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan dan keingian utuk membelinya.
A.2. Produk
Produk adalah segala sesuatu yang bisa di tawarkan kepada seseorang untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
A.3. Nilai, Biaya dan kepuasan
Nilai, biaya dan kepuasan adalah konsep yang di pakai konsumen ketika akan  memutuskanproduk mana yang akan memberikan kepuasan yang lebih besar. Nilai adalah pekiraan konsumen akan kapasitas keseluruhan produk untuk memenuhi kebutuhannya.
 A.4. Pertukaran, transaksi dan hubungan
Pertukaran merupakan salah satu cara orang atau konsumen mendapatkan produk yang mereka inginkan. Apabila kedua belah pihak yang melakukan pertukaran telah mencapai suatu persetujuan maka itu di sebut transaksi. Pemasar pemasar yang lebih cerdik mencoba membangun hubungan jangka panjang dan mempercayai pada pelanggan , distributor , dealer dan pemasok. Hal ini di capai dengan menjanjikan kualitas tinggi,pelayanan yang baik, harga yang layak kepada pihak lain dalam jangka waktu yang tertentu.
A.5. Pasar
Konsep pertukaran menimbulkan konsep pasar :
Pasar terdiri dari semua pelanggan pontensial yang sama-sama mempunyai kebutuhan atau keinginan yang mungkin ingin dan mampu terlibat dalam pertukaran untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan.

Pemasaran dan pemasar
Pemasaran adalah proses sosial dan managerial dimana masing masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan , penawara dan pertukaran produk yang bernialai bagi pihak lainnya.
Pemasar adalah  seorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau untuk menawarkan sesuatu yag berharga dalam pertukaran.

B.     Manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan  dan pelaksanaan konsepsi,penentuan harga,dan distribusi ide-ide, barang barang dan jasa jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan tujuan individu dan organisasi.
Manajemen pemasaran memiliki tugas mempengaruhi tingkat,waktu dan komposisi permintaan sedemikian rupa sehingga membantu organisasi mencapai tujuan nya.

C.    Orientasi perusahaan terhadap pasar
Ada 5 konsep dimana organisasi melakuan kegiatan pemasaran mereka.
1.    Konsep produksi
Menurut konsep produksi,konsumen akan menyukai produk  yang tersedia secara luas dan rendah harganya. Manajer organisasi yang berorietasi pada produksi akan mengkonsentrasikan pada pencapaian efisiensi produksi yang tinggi dan pencapaian cakupan distrisbusi yang luas.

2.    Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang memberikan kualitas dan prestasi yang baik.manajer yang berorientasi pada produk ini akan memfokuskan energi pada pembuatan produk yang baik dan perbaikan nya secara terus menerus.

3.    Konsep penjualan
Konsep pejualan mengatakan bahwa konsumen, apabila dibiarkan sendiri,biasa nya tidak akan membeli banyak produk organisasi itu.oleh karena itu organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang gencar.



4.    Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah pada penentuan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran dan pada pemberian kepuasan yang diinginkan dengan lebih efektif dan efisien dari para pesaing. Konsep pemasaran berpijak pada empat pilar utama, yaitu: fokus pasar, orientasi pelanggan, pemasaran terpadu dan profitabilitas.

5.    Konsep pemasaran sosial
konsep pemasaran sosial mengatakan bahwa tugas utama perusahaan adalah menghasilkan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan konsuman dan masyarakat dalam jangka panjang sebagai kunci untuk memuaskan tujuan dan tanggung jawab organisasi.



Sumber: Philip kotler “Manajemen Pemasaran volume satu” edisi ketujuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar