Rabu, 12 Juni 2013

Artikel Bisnis Internasional



                                    Bisnis Internasional.
ASEAN Rencanakan Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Hong Kong
Cipto - Internasional

Selasa, 23 April 2013 19:29 WIB


WE.Co.ID - Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan mengejar perjanjian perdagangan bebas dengan Hong Kong, dokumen yang diperoleh AFP mengatakan Selasa(23/4/2013).Pertemuan para pemimpin ASEAN di ibukota Brunei, Bandar Seri Begawan, pada Rabu dan Kamis akan mendukung keputusan para menteri ekonomi untuk memperluas hubungan perdagangan dengan kota di China selatan itu, menurut dokumen.

"Kami menyambut baik keputusan para menteri ekonomi ASEAN untuk mengejar hubungan ekonomi lebih dekat dengan Hong Kong melalui Kesepakatan Perdagangan Bebas ASEAN-Hong Kong," sebuah draf pernyataan akhir pertemuan para pimpinan mengatakan.
            Pernyataan tersebut disusun oleh para pejabat senior dan akan diterbitkan oleh para pemimpin pada Kamis, meskipun itu bisa berubah sebelum akhir pertemuan.

           
ASEAN adalah mitra dagang kedua terbesar Hong Kong pada 2011 setelah China daratan, angka dari website departemen perdagangan dan industri wilayah itu menunjukkan.
            Lima negara ASEAN -- Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Filipina -- berada di antara 20 mitra utama dagang Hong Kong. Anggota ASEAN lainnya adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos dan Myanmar. Rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan perdagangan bilateral antara Hong Kong dan ASEAN adalah 7,0 persen dari 2007 hingga 2011.
            Perdagangan bilateral naik 10 persen menjadi 726,6 miliar dolar Hong Kong (94,0 miliar dolar AS) pada 2011 dari 663,2 miliar dolar Hong Kong tahun sebelumnya, kata departemen itu. Sebagai wilayah administratif khusus dari China daratan, Hong Kong memiliki tingkat otonomi tinggi dalam ekonomi, perdagangan, keuangan dan moneter.        ASEAN telah memiliki perjanjian perdagangan bebas langsung dengan banyak negara dikawasan,termasukChina(Ant).

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: aseanec.org






Analisis Permesalahan.
            ASEAN rencanakan perjanjian perdagangan bebas dengan hongkong,dalam masalah perdagangan ini menunjukan angka dari website departemen perdagangan dan industri wilayah menunjukan ASEAN adalah mitra dagang kedua terbesar Hong-Kong pada 2011 setelah china.
            ASEAN merencanakan perjanjian bebas dengan Hong kong karena sebagai wilayah administratif khusus dari china daratan, Hongkong memiliki tingkat otonomi tinggi dalam ekonomi perdagangan, keuangan dan moneter.
Keputusan para menteri ASEAN dan di ikuti oleh pejabat senior dalam masalah kesepakatan perdagangan bebas ASEAN-Hongkong itu sudah menunjukan bahwa terdapat sistem politik/unsur politik dalam perjanjian yang menghasilkan perdagangan bebas antar ASEAN-Hongkong.
ASEAN juga membuat perjanjian perdagangan bukan hanya dengan Hong Kong tapi telah memiliki perjanjian perdagangan bebas langsung dengan banyak negara dikawasan,termasuk China.
Solusi.
            Dalam masalah ini, ASEAN  rencanakan perdagangan bebas dengan Hong-Kong dan juga negara-negara dikawasan seperti china. Menurut saya,bukan lebih baik ASEAN merangkul semua negara yang di Asia Tenggara, membuat kebijakan perdagangan bebas dengan ASEAN karena mempunyai mitra dagang yang bagus, mungkin dengan  kebijakan perdagangan bebas itu seluruh wilayah Asia Tenggara yg dipelopori oleh ASEAN, akan terkenal ke mata dunia, sperti wilayah Eropa,Amerika yang sudah bagus. Dengan kemajuan perdagangan yang baik juga sistem pilitik yang baik.

1 komentar: